Kamis, 11 November 2010

Tip's Etika Dalam Rapat

Seorang yang profesional dalam bekerja pastinya akan banyak disibukkan dengan berbagai macam acara serta menghadiri rapat di perusahaan-perusahaan lain pastinya akan menjadi salah satu agenda kerjanya. Biasanya rapat atau meeting yang dilakukan dalam setiap perusahaan akan berbeda-beda. Supaya Anda bisa mengatasi masalah grogi didalam rapat, pertemuan dengan klien sebaiknya Anda membaca tips-tips berikut :
  1. Sebelum rapat dimulai, Anda biasanya akan dipersilakan untuk menunggu di ruangan lain karena setiap perusahaan akan memulai rapat jika pempinan sudah datang. Cobalah menggunakan waktu menunggu Anda dengan memeriksa materi yang akan Anda kemukakan pada saat rapat nanti.
  2. Biasanya tempat duduk untuk Anda di ruang rapat telah ditentukan. Tunggulah sampai tuan rumah memberikan petunjuk tempat duduk Anda. Namun tidak ada salahnya jika Anda bertanya dimana tempat duduk Anda, jangan langsung duduk tanpa bertanya. Hal ini untuk menghindari salah tempat karena biasanya pemimpin rapat menempati tempat duduk tertentu.
  3. Saat Anda diperkenalkan pada peserta rapat lain, di saat yang sama sebaiknya bagikan kartu nama Anda atau cobalah untuk meminta juga kartu nama mereka.
  4. Tunjukkan profesionalisme Anda selama rapat berlangsung. Jangan memotong pembicaraan orang lain hanya untuk menunjukkan bahwa informasi dari Anda lebih penting. Jangan menampakkan rasa bosan selama rapat berlangsung. Serta, jangan melontarkan humor yang mengganggu di saat yang lain sedang serius mendengarkan pembicaraan di rapat.
  5. Hindarilah berbisik-bisik dengan peserta rapat lain saat pemimpin rapat berbicara. Kendalikan suara Anda saat harus bicara, jangan terlalu keras dan terlalu pelan. Lontarkan ide, solusi, pendapat yang masuk akal dan brilian dengan nada yang tegas dan percaya diri.
  6. Jangan membuang waktu dengan berbicara dan mengajukan pertanyaan yang tidak relevan. Jangan menginterupsi peserta rapat yang sedang bicara tanpa melalui pemimpin rapat.
  7. Setelah rapat usai, cobalah berbasa-basi sejenak dengan peserta dan pemimpin rapat. Jangan langsung meninggalkan ruang rapat tanpa permisi.
Yang perlu Anda ingat, sebelum Anda pergi ke suatu meeting atau rapat, kenakan pakaian yang sewajarnya, rapi  serta sopan. Untuk laki-laki sebaiknya memakai setelan jas dan dasi dan untuk perempuan, kenakan setelan blezer.
Jadi bersikaplah profesional selama rapat, karena Anda membawa citra perusahaan Anda. Jangan sampai Anda salah bersikap saat rapat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar