Senin, 08 November 2010

Perbedaan berpikir didalam & diluar kotak

Kita sering mendengar istilah berfikir di luar kotak atau bahasa kerennya think out of the box. Meski terdengar hebat, namun apakah Anda tahu yang di maksud dengan berfikir di luar kotak?
Kita perlu mendefinisikan dulu apa yang di maksud dengan berfikir di dalam kotak. Yang di maksud dengan berfikir di dalam kotak adalah kita selalu berfikir dengan berpijakan kepada kebiasaan. Sesuatu yang sudah biasa di lakukan oleh orang lain, termasuk di dalamnya hal – hal yang sudah bisa dan biasa kita lakukan atau yang mudah kita lakukan. Berpikir di dalam kotak juga berarti bagaimana kita berfikir dalam zona nyaman, tentu saja berfikir di luar kotak adalah kebalikanya, cara berfikir dengan melihat hal-hal yang tidak biasa, hal-hal yang aneh di luar kemampuan, tidak biasa dilakukan oleh orang lain, tidak biasa dilakukan oleh diri kita, termasuk tidak biasa dilakukan oleh kelompok kita, bahkan mungkin tidak ada orang yang pernah melakukanya.
Berfikir di luar kotak memang melawan kecenderungan manusia yang ingin selalu nyaman, ingin berada di zona nyaman atau status quo. Masalahnya, jika kita hanya berfikir dengan cara-cara yang biasa, maka haslinyapun akan biasa. Kurang puas bukan?
Jika kita ingin mendapatkan sesuatu yang berbeda, maka kitapun harus berfikir dengan cara yang berbeda. Dengan hanya berfikir di dalam kotak saja, anda masih tetap bisa bergerak, perusahaan anda masih bisa terus berjalan, namun kondisi anda maupun kondisi perusahaan anda akan stagnan, berjalan ditempat, atau sekedar hanya bertahan. Disinilah betapa membosankannya berpikir didalam kotak.
http://www.program5milyar.com/?id=adolfmarchel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar