Selasa, 19 Oktober 2010

Tip : sukses untuk presentasi

Pengalaman presentasi sebelumnya, jadikan kunci sukses untuk presentasi selanjutnya. Coba terapkan saat Anda akan melakukan presentasi.Kesempatan tidak datang dua kali. Tidak seperti saat masih duduk di bangku kuliah yang ada kemungkinan untuk melakukan ujian perbaikan. Manfaatkan kesempatan sekecil apapun untuk menyampaikan maksud dan gagasan sebaik dan  semaksimal  mungkin.
Sebelum memulai presentasi, tidak ada salahnya Anda berbicara dengan dua atau tiga orang untuk mendapatkan feeling tentang kebutuhan audience, isu yang penting serta level pengetahuannya, jika di bangku sekolah atau kuliah, cukup dengan datang lebih awal dan menyerap suasananya. Sebelum memulai presentasi buatlah peta pikiran tentang apa yang anda presentasikan bahan yang Anda dapatkan dengan menggunakan notes (cukup pokok pikiran dan lampirkan dengan data sumber) Gunakan kata-kata yang efektif dalam menyampaikan setiap pokok pikiran. Usahakan 40-60 kata untuk menyampaikan gagasan-gagasan penting.
Berdasarkan survey setiap 10 menit pembicaraan berisi 1600-1800 kata. Tidak ada salahnya Anda merekam presentasi Anda untuk mempelajari tempo bicara Anda. Apakah sudah sesuai, Kadangkala bicara yang tidak efektif membuat tempo bicara Anda menjadi terlalu cepat dan berkesan terburu-buru
Anda bukan semata-mata mempersiapkan bahan presentasi, tetapi Anda menyiapkan diri Anda untuk berpresentasi. Jadi pada saat presentasi jangan membaca bahan tapi bicaralah dengan penuh energi, interest dan semangat, itu yang penting.Dalam situasi yang resmi, copy bahan presentasi perlu dibagikan ke peserta. Hal ini diperlukan agar pokok pikiran yang hendak disampaikan semakin fokus Perhatikan setiap detil umpan balik yang diberikan audience, gerak-geriknya, respon kata-katanya ketika Anda bertanya. Lakukan perbaikan yang segera jika memungkinkan.
sb. seru.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar